Minggu, 25 November 2012

Pengertian atau Definisi Sepatu

Pengertian atau Definisi Sepatu



Banyak orang yang memakai sepatu di dunia ini. Mulai dari balita, anak-anak, pemuda hingga tua. Namun mungkin hanya sebagian saja yang mengerti apa itu pengertian sepatu? Apa definisi dari sepatu tersebut? Apa arti sepatu yang telah dipakai oleh sebagian besar orang di dunia ini? Di website atau blog ini, akan dijelaskan mengenai sepatu? Apa itu sepatu? Apa arti sepatu?

Sepatu merupakan suatu jenis alas kaki (footwear) yang biasanya terdiri bagian-bagian sol, hak, kap,tali, dan lidah. Pengelompokkan berbagai jenis sepatu biasanya dilakukan berdasarkan manfaat atau tipenya, seperti sepatu dansa, sepatu resmi (pesta), sepatu santai (kasual), sepatu olahraga, sepatu kerja dan masih banyak yang lainnya. Biasanya, ukuran sepatu mengikuti beberapa standar dan berbeda di seluruh dunia. Pengukuran ukuran sepatu pada umumnya dilakukan dengan memanfaatkan piranti Brannock supaya pas dan hasil sepatu tidak terlalu kecil atau terlalu besar.

Orang perlu menggunakan sepatu supaya dia juga lebih percaya diri, atau bisa digunakan untuk ke Kantor, ke sekolah, kencan dan lain sebagainya. Akan tetapi, kegunaan utama sepatu adalah untuk melindungi kaki agar tidak kotor dan tidak tergores oleh benda dari luar yang membahayakan. Sepatu sangat bermanfaat untuk pengaman kaki dari bahaya.

Dari  id.wikipedia.org dijelaskan bahwa sepatu adalah alas kaki dan ini diambil dari wikipedia.org yaitu :

Alas kaki atau kasut adalah produk seperti sepatu dan sandal yang dipakai untuk melindungi kaki terutama bagian telapak kaki. Alas kaki melindungi kaki agar tidak cedera dari kondisi lingkungan seperti permukaan tanah yang berbatu-batu, berair, udara panas, maupun dingin. Alas kaki membuat kaki tetap bersih, melindungi dari cedera sewaktu bekerja, dan sebagai gaya busana.

Sepatu dibuat oleh pengrajin sepatu atau tukang sepatu, sedangkan ahli memperbaiki sepatu disebut tukang sol sepatu. Bahan-bahan untuk alas kaki di antaranya adalah kayu, plastik, karet, kulit, tekstil, dan serat tanaman. Alas kaki seperti sepasang sandal bisa dibuat pengrajin hanya dengan menggunakan peralatan sederhana seperti pisau, jarum, dan benang. Sementara itu, sepatu olahraga dibuat di pabrik sepatu dengan bantuan mesin-mesin.

Sebelum memakai alas kaki, orang sering mengenakan kaus kaki atau stoking agar kaki lebih nyaman dan tidak lecet. Selain itu, kaus kaki berfungsi sebagai penyerap keringat dan kelembapan sehingga kaki lebih bersih dan higienis. Dalam kebudayaan Barat, orang boleh tidak melepas alas kaki sewaktu berada di dalam rumah, sehingga berkembang perabot rumah tangga seperti kursi. Sebaliknya dalam kebudayaan Asia Timur, alas kaki dilepas sewaktu berada di dalam rumah.

0 comments:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More