Senin, 05 November 2012

Program Bersih Desa di Desa Glanggang


Program Bersih Desa di Desa Glanggang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur, Indonesia.



Setiap tahun desa Glanggang selalu mempunyai program desa yang dilakukan setiap bulan Juni dan lebih dikenal dengan nama Bersih Desa. Bersih Desa yang dilakukan sebagai rasa puji syukur warga desa terhadap Allah SWT yang telah melimpahkan segala karunianya terhadap semua warga Desa Glanggang. Selain itu acara bersih desa ini juga akan melibatkan seluruh desa dan dapat berlangsung selama 1 bulan penuh dengan acara-acara kesenian khas desa Glanggang seperti Gugur Gunung Di Makam Desa Glanggang dan Makam Mbah Kerto Wongso, Sadran, Malam tirakatan dan lain-lain.

Tahun ini acara bersih desa akan dilangsungkan pada tanggal 19 Juni 2011. Bersih Desa yang dilakukan warga desa Glanggang memiliki sejarah tersenderi bagi warga desa, Dalam kesadaran kosmologi orang Jawa, lelembut, danyang, dan makhluk halus dianggap sesuatu yang "nyata". Mereka ada di sekitar kita. Mereka pun dianggap perlu "ruang" atau "akomodasi" dan hidup berdampingan dengan kita. Agar mereka tak mengganggu kita, maka diperlukan sejenis "traktat". Dan wujud "traktat" itu tampak dalam tradisi "bersih desa"

Bersih Desa untuk mewujudkan harmoni, rukun, dan guyub antar tiap unsur di dalam power relations kedua belah pihak. Untuk mewujudkan gagasan "koeksistensi" damai antara semua aktor yang terlibat. "Koeksistensi" damai itu akan bertahan bila tiap pihak sadar bahwa mereka harus berbagi ruang "budaya" secara adil dan manusiawi.

Keadilan dalam pembagian ruang "budaya" itu menjadi peneguh kohesi sosial agar konflik tak terjadi. Sekali lagi cita-cita untuk harmoni, guyub, dan rukun tadi dengan begitu lalu terwujud. Si danyang tidak usil, tidak mengganggu, dan si manusia tak menyimpang dari keteraturan kosmologis yang namanya "tradisi bersih desa"
Disintegrasi sosial dan aneka corak ketegangan, Insya Allah semoga otomatis teratasi oleh semangat koeksistensi damai dalam ruh-nya bersih desa, bila dengan lelembut atau danyang saja orang desa mau berbagi ruang demi harmoni dan rukun, dan guyub, orang kota, tokoh-tokoh, yang pandai dan peduli pada masa depan bangsa, mengapa tak mungkin atau tak mau berjuang demi koeksistensi damai, demi harmoni, dan rukun bagi segenap kekuatan dalam masyarakat.

Sudah menjadi adat untuk didesa Glanggang kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang, tiap habis panen Rojo akan diadakan selamatan Desa yaitu berupa acara BERSIH DESA. Bersih Desa memiliki berbagai macam acara-acara khas, diantaranya:

Kerja bakti Di Lingkungan masing masing RT
Sebelum semua kegiatan bersih Desa dimulai terlebih dahulu diadakan kerja bakti massal yang di ikuti oleh semua warga desa baik dilingkungan RT masing masing maupun di sepanjang jalan protokol.
Gugur Gunung Di Makam Desa Glanggang dan Makam Mbah Kerto Wongso
Gugur Gunung merupakan kegiatan Kerja Bakti membersihkan di lingkungan makam umum dan makam Mbah Kerto Wongso
Istighosah Di makam Mbah Kerto wongso
Istoghosah merupakan kirim doa dan pembacaan Tahlil di Makam Mbah Kerto Wongso yang dilasankan malam Senin Legi (Malam Sadran).
Sadran
Sadran merupakan rangkaian bersih desa yaitu berupa selamatan Desa yang diikuti oleh semua warga desa dengan membawa asahan dan diolaksanakan di makam Mbah Kerto Wongso.
Malam Tirakatan
Yaitu malam tirakatan di makam Mbah KertoWongso oleh semua komponen pejabat desa dan warga masyarakat untuk merenung semua yang telah dilakukan selama setahun dalam menjalankan pemerintahan desa dan berharap untuk tahun mendatang akan lebih baik dan makmur, tata-tentrem kerto-raharjo.
Tayuban
Langen beksan yaitu untuk melestarikan kebudayaan tradisi jawa dalam menyosong jolen
Arak Jolen
Prosesi kirab Pusaka Desa dan makanan tradisional yang disusun dalam bentuk gunungan dari dukuh darungan dibawa ke tempat Kepala Desa.
Selamatan Desa
Selamatan seluruh warga sebagai do’a supaya ditahun mendatang pemerintahan desa glanggang selamat dan sejahtera.
Resebsi bersih Desa
Upacara bersih Desa oleh seluruh pejabat Desa beserta Undangan lainnya sebagai puncak kegiatan bersih Desa
Pengajian Umum
Pengajian umum sebagai penutup seluruh rangkaian kegiatan bersih Desa dengan pengajian ini mempunyai simbolis untuk membersihkan segala kejelekan yang telah dilakukan sehingga kembali suci seperti semula
Hiburan Dalam rangka Peningkatan Potensi Masyarakat Desa Glanggang
Wayang kulit ( Peningkatan Kebudayaan )
Reog dan kuda lumping ( Peningkatan Kebudayaan )
Turnamen bola voli ( Peningkatan Olahraga )
Kompetisi sepak bola ( Peningkatan Olahraga )
Kompetisi bulu tangkis ( Peningkatan Olahraga )
Gerak jalan sehat
Sendra tari SDN Glanggang I ( Peningkatan Pendidikan )
Lomba Pos Kamling ( Peningkatan Keamanan )
Donor darah ( Peningkatan Kemanusiaan )
Basar di setiap kegiatan malam perayaan hiburan ( Peningkatan ekonomi )
Sarasehan Kelompok Tani ( Peningkatan Pertanian )

0 comments:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More