Jumat, 09 November 2012

Sejarah Asal Mula Gerabah

Sejarah Asal mula Gerabah




Gerabah  sudah ada sejak masa dahulu, tepatnya sesudah manusia hidup menetap dan mulai bercocok tanam. Gerabah bisa disebut juga sebagai suatu benda yang terbuat dari tanah liat. Tanah liat tersebut biasanya di dapatkan di daerah kebun tebu yang ada di sekitar desa. Banyak orang yang menggunakan gerabah untuk peralatan rumah tangga, seperti piring, kendi, pot, gentong, dll. Selain itu gerabah juga bisa digunakan untuk pernak-pernik bahkan hiasan untuk rumah.

Di indonesia, telah ditemukan banyak tembikar atau gerabah yang bermanfaat untuk perkakas rumah tangga atau keperluan kegiatan keagamaan misalnya upacara dan penguburan di suatu daerah. Tembikar yang paling sederhana dibentuk dengan menggunakan tangan tanpa bantuan alat yang modern, yang bercirikan adonan kasar dan bagian pecahannya ditandai dengan bekas tangan (sidik jari), selain itu bentuknya kadang tidak simetris. Selain dibuat dengan teknik tangan, tembikar yang lebih modern dibuat dengan menggunakan tatap-batu dan roda putar.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lanjut tentang gerabah di Kabupaten atau Kota Malang, anda bisa datang ke daerah Glanggang, Desa Glanggang, Kec. Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Karena di daerah Glanggang memiliki tempat untuk memproduksi gerabah dengan harga paling murah. Anda bisa membuktikannya dengan datang di wilayah Glanggang tersebut.

Semoga bermanfaat untuk Anda, dan jika ingin bertanya sesuatu atau apapun mengenai semua informasi pada blog atau website ini, anda bisa menghubungi KONTAK yang ada di website ini atau blog.


0 comments:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More